Jumat, 27 April 2018

Resep Cara Membuat Apple Pie

Resep Cara Membuat Apple Pie - Ada stok apel malang dikulkas daripada lama ga habis2..jd kepikiran bikin pie apel..mumpung mood lg bagus dan waktu lg longgar..jadilah pie apel 2 model hehe. untuk resep kulit pienya saya ga pakai telur tp saya ganti dengan air es. Resep fillingnya saya nyontek dari resepnya mba ricke indriani:



Estrie



Bahan-bahan
    Resep Cara Membuat Apple
  1. 350 gr tepung protein sedang/rendah
  2. 226 gr butter/margarine dingin (potong2)
  3. 2 sdm gula halus
  4. sejumput garam
  5. 60 ml air es kira2 (secukupnya aja ya kalau dirasa sdh bisa dipulung,hentikan penambahan air)
  6. bahan isian:
  7. 6 buah apel malang/granny smith (sebaiknya pilih apel bertekstur renyah dengan rasa asam manis)
  8. 1 sdm air jeruk lemon
  9. 100 gram gula pasir
  10. 2 sdm gula aren bubuk/gula merah yang diiris halus
  11. 1/4 sdt garam
  12. 2 sdt kayu manis bubuk (peres)
  13. 2 sdm maizena
  14. 50 gram margarin
  15. 50 gram kismis, rendam air panas, tiriskan dan cincang kasar (optional)
  16. Bahan Olesan:
  17. 2 butir kuning telur dikocok lepas
  18. gula pasir untuk taburan setelah dioles




Langkah
  1. Cara membuat pie crust : campur tepung terigu,gula halus,garam dan butter dingin,aduk menggunakan pisau pastry/2 buah garpu sampai berbulir bulir.tambahkan air es secukupnya saja sampai adonan kalis.satukan adonan dan bulatkan.bungkus dengan clingwrap. simpan dikulkas selama kurang lebih 30 menit. jangan diaduk pakai tangan ya nanti keras jadinya.
  2. Cara membuat isian: Kupas apel, buang bagian bijinya dan potong-potong dadu kecil kemudian tempatkan dalam wadah. Beri air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan gula pasir, gula aren bubuk/gula merah, garam dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit hingga apel keluar airnya (juicenya).
  3. Taburi dengan maizena, aduk rata. Panaskan apel bersama airnya di atas api sambil diaduk-aduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Panas-panas masukkan margarin dan aduk rata hingga seluruh margarin meleleh. Masukkan kismis. Aduk rata. Dinginkan.
  4. Olesi cetakan pie mini dengan margarin tipis-tipis, ambil adonan secukupnya dan cetak dalam cetakan pie sambil ditekan-tekan. Sisakan sedikit adonan untuk membuat anyaman tutup pie. Untuk pie loyang besar, gilas adonan tipis sekitar 0,5 cm lalu letakkan di loyang yang telah diolesi margarin tipis, ratakan dan sisakan adonan untuk tutup bagian atas pie.
  5. Isi kulit pie dengan bahan isi. Lakukan hingga habis.
  6. Gilas tipis sisa adonan kulit pie, potong-potong memanjang sesuai ukuran cetakan. Buat motif anyaman di atas pie. Olesi permukaannya dengan kuning telur. dan taburi dengan gula pasir. Tata cetakan di loyang datar.
  7. Panggang dalam oven dengan suhu 170’C-180'C selama 30-50 menit (tergantung ukuran pie) hingga matang permukaannya kecoklatan dan fillingnya terlihat mendidih
  8. Angkat. Diamkan 15 menit dalam cetakan hingga agak hangat kemudian keluarkan dari cetakan dan dinginkan
  9. Untuk yang bentuk segitiga : gilas adonan menggunakan roll pin dan potong bentuk kotak segi empat, isi fillingnya lalu lipat menjadi model segitiga. tekan pinggirannya supaya tidak keluar isinya. lalu tekan dengan garpu supaya ada bentuk garis garisnya dipinggirannya. iris sedikit bagian permukaannya (model silang) supaya panasnya oven bisa masuk ke bagian fillingnya.
  10. Selamat mencoba... :)
Tambah langkah


Setelah Resep Cara Membuat Apple Pie jangan abaikan juga Resep Cara Membuat Pie Choco Brownie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Cara Membuat Chewy Brownies Silmi

Resep Cara Membuat Chewy Brownies Silmi - Love what you do, and do what you love -- by anonymous Recipe by : erlina_lim ...